HMPG Gelar Semarak Geografi

Himpunan Mahasiswa (HIMA) Pend. Geografi menyelenggarakan “Semarak Geografi” dengan tema “Urgensi Geografi dalam Upaya Membangun Karakter Bangsa,” pada Sabtu (22/10). Kegiatan ini terdiri atas Seminar Nasional, National Geography Competition, Lomba Karya Tulis Ilmiah, dan Lomba Poster.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pembangunan karakter bangsa untuk menopang kuatnya arus globalisasi melalui pendekatan ilmu geografi. Selain itu, tujuan lainnya adalah meningkatkan peran SIG (Sistem Informasi Geografi) dalam pendidikan sekolah menengah dalam upaya mitigasi bencana dan ketahanan nasional melalui peran guru atau tenaga pendidik.

Sapta Suhardono, Ketua Panitia, dalam sambutannya mengatakan bahwa bangsa Indonesia saat ini mengalami pergeseran budaya dan sifat individualisme kini menjadi sesuatu yang lumrah. Hal ini sungguh sangat ironis karena bangsa Indonesia seperti telah kehilangan karakternya.

Dalam acara Seminar nasional menghadirkan Prof. Dr. Suratman selaku Dekan Fakultas Geografi UGM dan Ketua Ikatan Geografi Indonesia. Hadir pula Taufik Heri Purwanto, S.Si, M.Si, Dyah Respati SS, M.Si, dan Dadang Tri Atmoko, S.Pd.

Sedangkan untuk ketiga agenda yang lain diikuti oleh pelajar SMA/MA se-Indonesia dengan rinciang pemenang sebagai berikut; Pemenang National Geography Competition yaitu Juara 1 dari SMAN 1 Yogyakarta, Juara 2 dari SMAN 1 Banjarnegara dan Juara 3 dari SMA Taruna Nusantara. Untuk  Lomba Karya Tulis Ilmiah Juara 1 diperoleh SMAN 1 Metro Lampung, Juara 2 dari SMA Kolese De Britto Yogyakarta dan Juara 3 dari MA Husnul Khotimah Jawa Barat. Sedangkan Lomba Poster Juara 1 dan 2 dimenangkan oleh SMAN 1 Banjarnegara dan Juara 3 diperoleh MAN Purbalingga.[triyanto]