Kuliah Dosen Tamu Dr. Brian Doucet dari Utrecht University Netherlands

Banyak upaya yang telah dilakukan Universitas Negeri Yogyakarta untuk menjadi World Class University salah satunya melalui program kuliah dosen tamu (guest lecture). Pada tanggal 13-17 Oktober 2014, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial UNY bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi (HMPG) mengadakan kuliah umum dengan mendatangkan Dr. Brian Doucet dari Department Human Geography and Planning, Faculty of Geosciences, Utrecht University, Netherlands. Kuliah umum dengan tema “The Role of Geography In The 21st Century” ini diadakan di Ruang Ki Hajar Dewantara dan diikuti sekitar 100 mahasiswa Pendidikan Geografi lintas angkatan,. Menurut Kepala Jurusan Pendidikan Geografi, Dr. Hastuti, M.Si, “Tujuan kegiatan ini adalah membuka wawasan internasional mahasiswa geografi untuk berperan aktif dalam kegiatan akademis, serta melatih penggunaan Bahasa Inggris.”

Kuliah umum bersama dosen dari Belanda ini berlangsung selama 5 hari. Pada hari Senin, Selasa, dan Rabu diberikan materi tentang teori geografi, pendekatan, serta sisi urban geography yang menjadi spesifikasi Dr. Brian Doucet. Pada hari Kamis, 16 Oktober 2014 dilaksanakan kuliah lapangan (field study). Mahasiswa didampingi dosen tamu dan dosen Jurusan Pendidikan Geografi FIS UNY melaksanakan perjalanan ke lava tour Merapi, mengunjungi kawasan Malioboro, dan Kraton Yogyakarta. Menurut Dr. Brian Doucet, kegiatan ini merupakan pengalaman pertama berkunjung ke Indonesia bahkan Asia. Banyak sekali perbedaan budaya, pendidikan, terlebih sistem transportasi di Indonesia dan Belanda. Ada sisi kemiripan antara Kota Yogyakarta dan Kota Utrecht di mana Dr. Brian Doucet mengajar, keduanya adalah kota budaya dengan harmonisasi penduduk serta toleransi tinggi.

Pada kuliah terakhir Dr. Brian Doucet memaparkan pengalaman field study tentang kondisi Yogyakarta yang dilaksanakan pada hari sebelumnya. Selain itu juga disampaikan kuliah penutup tentang kota-kota di dunia seperti Rotterdam, Edinburgh, Toronto, Chicago, bahkan Detroit yang menjadi kota bangkrut di Michigan USA. Dr. Brian Doucet juga memberi penjelasan tentang program studi master di Faculty of Geosciences, Utrecht University yang akan memberi ruang bagi para lulusan Pendidikan Geografi UNY yang akan melanjutkan studi di Belanda. Semoga dengan adanya kegiatan guest lecture yang didukung Kantor Urusan Internasional dan Kemitraan UNY ini dapat memotivasi mahasiswa geografi untuk membuka dunia internasional, khususnya menjemput mimpi kuliah di luar negeri dengan beasiswa. (Janu Muhammad)

 

http://fis.uny.ac.id/berita/kuliah-umum-geografi-bersama-dosen-belanda