JURNAL GEOMEDIA

 

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL UNTUK GeOMEDIA

 

  1. GeOMEDIA menerbitkan kajian ilmiah (setara penelitian) dan hasil penelitian tentang kegeografian yang memberi kontribusi pada pengembangan konsep keilmuan dan aplikasinya atau pada pemahaman ilmu Geografi.
  2. Penulisan naskah menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Panjang naskah antara 15-20 halaman ukuran kuarto (A4), diketik 2 spasi dengan menggunakan Program Microsoft Word Tahun 1995 ke atas, tipe huruf Times New Roman, font size 12.
  3. Naskah berisi judul singkat dan padat (maksimum 20 kata), nama penulis (tanpa gelar), instansi afiliasi penulis, identitas penulis mencakup bidang keahlian dan alamat lengkap instansi.
    1. Artikel hasil kajian ilmiah memuat pendahuluan yang berisi permasalahan dan kerangka pikir/kerangka analisis, sub-sub judul yang berisi pembahasan, simpulan, dan daftar pustaka.
    2. Artikel hasil penelitian berisi pendahluan yang memuat latar belakang permasalahan dan analisis teori yang mendasari penelitian, metode penelitian, hasil dan pembahasan, simpulan dan saran (bila diperlukan), dan daftar pustaka.
  4. Abstrak ditulis dalam Bahasa Inggris bila naskah berbahasa Indonesia dan dalam Bahasa Indonesia bila naskah berbahasa Inggris, terdiri dari 100-200 kata, ditulis dalam 3 atau 1 paragraf. Abstrak artikel hasil kajian ilmiah berisi pendahuluan, pembahasan, dan kesimpulan; sedangkan abstrak artikel hasil penelitian berisi tujuan, metode, dan hasil.
  5. Kata kunci mencerminkan esensi konsep dalam cakupan permasalahan, dapat terdiri dari beberapa kata, maksimum satu baris. Kata kunci ditulis di bawah abstrak dengan jarak satu baris dan dicetak tebal.
  6. Naskah yang dikirim lewat email harus dalam bentuk attachment file.
  7. Redaksi juga menerima tulisan yang berupa resensi buku. Panjang tulisan antara 5-7 halaman, tanpa abstrak dan daftar pustaka. Di bawah judul ditulis: nama pengarang, judul buku asli, kota penerbitan, nama penerbit, nomor ISBN, dan jumlah halaman, diikuti oleh nama peresensi.
  8. Artikel dapat diterima atau ditolak berdasarkan hasil pengkajian Tim Penyunting. Artikel yang ditolak tidak akan dikembalikan kecuali diminta oleh penulis. Artikel akan dikirimkan ke penulis bila diperlukan perbaikan.
  9. Petunjuk teknis penulisan artikel mengikuti acuan sebagai berikut:
  1. Artikel belum pernah dipublikasikan dan jika pernah disajikan dalam seminar terbatas harap diberi keterangan.
  2. Artikel diketik 2 spasi, sedangkan abstrak diketik 1 spasi.
  3. Perujukan sumber acuan dalam kutipan, dimulai dengan menyebut nama akhir pengarang, tahun penerbitan dan nomor halaman. Contoh: Fahmida (2004:79-80) menyatakan bahwa .....
  4. Pencantuman kelengkapan pendukung (foto, gambar, grafik, dan tabel) diberi nomor urut dan diacu dalam teks.
  1. Penulisan Daftar Pustaka (sesuai dengan pedoman APA), diurutkan secara alfabetis pengarang, tidak diberi nomor dengan urutan: nama pengarang, tahun penerbitan, judul buku, kota penerbit, dan nama penerbit.
  2. Artikel dikirim dua eksemplar dengan softcopy format ”doc”, ”rtf”, ke:

Sekretariat Redaksi ”GeOMEDIA”, alamat: Jurusan Pendidikan Geografi

Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281,

e-mail: jurdikgeo_uny@yahoo.com, Telp (0274) 586168 psw 386