HMPG Kembali Mengadakan Sarasehan Geografi 2023

Yogyakarta (09/10)—Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi kembali mengadakan Kegiatan Sarasehan Geografi yang dilaksanakan selama dua hari satu malam pada 7 - 8 Oktober 2023 di Student Convention Center (SCC) Universitas Islam Indonesia (UII) Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sarasehan Pendidikan Geografi 2023 merupakan sebuah program kerja Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi (HMPG) di bawah naungan Bidang Kesejahteraan dan Advokasi Mahasiswa (KESVOMA). Kegiatan tersebut bertujuan untuk menciptakan keakraban dan keharmonisan seluruh keluarga besar Pendidikan Geografi UNY dalam sinergi kebersamaan antarmahasiswa Pendidikan Geografi, dosen, tendik, dan alumni. Sarasehan Geografi tahun ini mengusung tema kebersamaan dengan tagline “Create Your Moment and Shine Together.”

Kegiatan hari pertama pada Sabtu, 7 Oktober 2023 diawali dengan pemberangkatan panitia dan seluruh peserta Sarasehan Pendidikan Geografi 2023. Mahasiswa berkumpul di depan Gedung Dekanat FISHIPOL UNY untuk menunggu bus yang akan mengantarkan ke SCC UII yang berada di Kaliurang. Setelah sampai di SCC UII, seluruh peserta melakukan check in, pembagian kamar, serta ishoma. Acara selanjutnya yaitu penyambutan sekaligus pembukaan Kegiatan Sarasehan 2023 yang dilanjutkan dengan lomba memasak. Setelah itu, seluruh peserta istirahat sejenak dan menjalankan ibadah sholat ashar bagi yang menjalankan, kemudian dilanjutkan dengan makan malam serta penampilan BSO. Pada malam hari diadakan acara inti yaitu diawali dengan kegiatan sharing season bersama dengan dosen Pendidikan Geografi 2023 dengan pembicara Ibu Dr. Dra. Dyah Respati Suryo Sumunar, M.Si. selaku Kepala Jurusan Pendidikan Geografi, Bapak Nur Ariyanto, M.Sc., M.Si selaku Dosen Pendamping, dibersamai oleh Bapak Ibu Dosen departemen Pendidikan Geografi yang lain. 

Kemudian dilanjutkan dengan awarding, pensi oleh peserta, serta dilanjutkan dengan pesta bakar-bakar dan sharing alumni yang terlaksana secara menyenangkan, lalu dilanjutkan dengan penutup dan masuk waktu untuk istirahat. Hari pelaksanaan kedua yaitu pada Minggu, 8 Oktober 2023 diawali dengan kegiatan senam pagi yang dipimpin oleh instruktur senam yaitu Annie Miftahul Jannah, Rizky Yuliani, dan Amonita Khoirunnisa dilanjutkan dengan sarapan pagi. Acara kedua yaitu outbond yang dibagi dalam 6 pos dengan games yang berbeda disetiap posnya. Setelah itu, dilanjutkan dengan bersih-bersih kemudian pengumuman juara lomba masak dan pensi. Kemudian memasuki acara terakhir yaitu penutupan dan sayonara, setelahnya perjalanan menuju ke kampus di FISHIPOL UNY. (dna/hmpg)